Tautan-tautan Akses

Pelosi: Bush Harus Kemukakan Rencananya Secara Rinci Untuk Tambah Pasukan di Irak


Laporan media di Amerika menyatakan, dalam strategi barunya di Irak Presiden Bush berencana mengirim sebanyak 20 ribu pasukan lagi ke Baghdad dan mengeluarkan satu miliar dolar untuk program menciptakan lapangan kerja bagi orang Irak.

Surat kabar New York Times memberitakan, Presiden Bush diperkirakan bakal mengumumkan strategi barunya itu dalam beberapa hari ini. Partai Demokrat yang mendominasi Kongres mulai pekan lalu telah menyatakan akan menentang mengirim pasukan lagi ke Irak.

Berbicara di televisi Amerika hari Minggu, Ketua Dewan Perwakilan Nancy Pelosi mengatakan fraksi Demokrat mendukung biaya pasukan Amerika yang sudah berada di Irak. Tetapi kalau mau mengirim pasukan baru ke sana Presiden Bush harus mengemukakan rencananya secara terinci. Pelosi tidak mengatakan bahwa fraksi Demokrat tidak akan menyetujui anggaran bagi pertambahan pasukan.

Berdasarkan Konstitusi Amerika, Presiden Bush adalah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, tetapi semua anggaran militer harus melewati Kongres.

XS
SM
MD
LG