Tautan-tautan Akses

Presiden Mahmoud Abbas Nyatakan Milisi Hamas di Jalur Gaza Ilegal


Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menyatakan ilegal pasukan para militer di Jalur Gaza yang dikuasai oleh kelompok Hamas yang berkuasa. Presiden Abbas mengumumkan hal itu hari Sabtu, dengan mengatakan, ia juga telah memutuskan untuk mengadakan perombakan dalam pasukan keamanan Palestina dan kepemimpinannya.

Abbas mengatakan, ia mendasarkan keputusannya itu pada kekacauan yang semakin meningkat dan kegagalan dalam pelayanan keamanan untuk melindungi warga Palestina.

Namun, Kementerian Dalam Negeri Palestina yang dipimpin Hamas menolak dekrit Presiden Abbas beberapa jam kemudian, dengan mengatakan, pihaknya akan melipat-duakan pasukan para militer yang ada di Jalur Gaza menjadi berjumlah 12 ribu personel.

Secara terpisah, tiga orang pendukung Hamas tewas dalam tembak-menembak di Gaza. Para pejabat keamanan mengatakan, para penyerang bertopeng menculik Wakil Walikota Nablus. Keberadaannya tidak diketahui.

Pihak berwajib juga mengatakan, orang-orang bersenjata menyerbu kantor-kantor Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin Hamas di Ramallah, menembak dan menculik kepala kantor itu. Ia kemudian dibebaskan dan dirawat di rumah sakit di kota terdekat. Belum ada pernyataan segera mengenai siapa yang bertanggung jawab melakukan insiden itu.

XS
SM
MD
LG