Tautan-tautan Akses

Menlu Rice: Jika Kembali Lakukan Percobaan Nuklir, Korut Akan Semakin Terkucil


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice telah memperingatkan Korea Utara bahwa melakukan satu percobaan nuklir lagi akan membuat Korea Utara semakin terkucil. Ia mengatakan jalan yang wajar bagi Korea Utara ialah kembali ke pembicaraan enam negara. Rice mengeluarkan peringatan itu hari Jum’at seusai melakukan pembicaraan dengan menteri luar negeri Korea Selatan Song Min-soon di Washington.

Laporan yang beredar hari Jum’at tentang adanya aktivitas di yang dicurigai sebagai lokasi percobaan nuklir di Korea Utara menyebabkan media berspekulasi bahwa Korea Utara sedang menyiapkan percobaan nuklir ke-2. Seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika mengatakan kepada ABC NEWS hari Kamis bahwa Korea Utara tampaknya sedang berkemas melakukan percobaan nuklir ke-2.

Namun pejabat-pejabat Korea Selatan dan Amerika mengemukakan tidak ada alasan untuk berpendapat percobaan bakal terjadi. Korea Utara melakukan percobaan nuklir bawah tanah bulan Oktober lalu menyebabkan dikenakan sanksi dan dikutuk luas oleh masyarakat internasional.

Sebelumnya, pejabat Deplu AS juga telah memperingatkan Korea Utara bahwa tiap percobaan nuklir baru oleh Korea Utara akan mempunyai akibat luar biasa terhadap pembicaraan enam negara mengenai program nuklir negara itu. Peringatan ini diucapkan juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McMormack hari Jum’at ketika pejabat-pejabat Korea Selatan mengatakan mereka melihat adanya aktivitas di dekat lokasi yang dicurigai sebagai lokasi percobaan nuklir di Korea Utara.

Pembicaraan enam negara tentang program nuklir Korea Utara dilanjutkan lagi bulan lalu. Pembicaraan diakhiri tanpa sesuatu terobosan, tetapi McCormack mengatakan Amerika berharap pembicaraan dapat dilanjutkan lagi seawal bulan ini.

XS
SM
MD
LG