Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang di Michigan Memberikan Penghormatan Terakhir Kepada Gerald Ford


Ribuan orang di Grand Rapids, Michigan, kota kelahiran mantan presiden Gerald Ford, memberikan penghormatan terakhir mereka sebelum pemakaman hari Rabu.

Orang-orang berkumpul Selasa kemarin di Grand Rapids untuk melihat rombongan membawa peti jenasah Ford ke musium kepresidenannya dimana mantan presiden ini disemayamkan semalam.

Presiden Amerika ke 38 ini meninggal Selasa minggu lalu di California pada usia 93 tahun.

Jenasah Ford diterbangkan ke Grand Rapids dari Washington, dimana para pembesar memberikan penghormatan kepadanya dalam upacara pemakanam hari Selasa di National Cathedral, Washington.

3 mantan presiden Amerika yang masih hidup - Bill Clinton, George H.W. Bush dan Jimmy Carter –ada diantara 3 ribu hadirin.

Berbicara pada upacara pemakanam itu, Presiden George W. Bush mengingat Ford sebagai orang besar yang menjadi presiden pada masa perpecahan dalam sejarah Amerika. Dia mengatakan Ford membantu memulihkan kembali kepercayaan rakyat Amerika akan jalannya demokrasi dan dunia melihat Amerika terbaik lewat Ford.

Ford, dari partai Republik, mejabat presiden pada tahun 1974 setelah Richard Nixon mundur akibat skandal politik Watergate.

Mantan Presidet George H.W. Bush mengingat rasa humor Ford dan mengatakan hidupnya penuh kehormatan dan intergritas.

XS
SM
MD
LG