Tautan-tautan Akses

Ali Muhammad Gedi Memerintahkan Rakyat Somalia Menyerahkan Senjata dalam 3 Hari


Perdana Menteri Somalia Ali Muhammad Gedi telah memerintahkan semua rakyat Somalia, termasuk para panglima-laskar negara itu, menyerahkan senjata mereka dalam waktu tiga hari mendatang. Dalam sebuah jumpa pers Gedi mengatakan hari ini Senin di Mogadishu, waktu diberikan tiga hari terhitung sejak hari Selasa untuk secara sukarela menyerahkan senjata mereka. Katanya, setelah itu, pemerintah akan mengumpulkannya dengan kekerasan.

Perdana Menteri itu juga menawarkan amnesti kepada laskar Islamis yang mundur jika mereka menyerahkan diri kepada pihak berwenang. Laskar Islamis telah mundur dari basis-basis utama mereka termasuk ibukota Mogadishu selama lebih dari sepekan sejak Ethiopia memasuki perang melawan kaum militan Islam.

Mereka lari dari kubu terakhir mereka di selatan – kota pelabuhan Kismayo – Senin pagi, untuk menghindari gerak maju pasukan Somalia yang didukung tentara Ethiopia. Sebagian besar kaum militan itu dilaporkan telah lari ke arah kota-kota pelabuhan lain dan perbatasan Kenya.

SOUND

Para pemuka Islamis garis keras mengukuhkan mereka mundur dari Kismayo, tetapi bersumpah akan melanjutkan perlawanan.


XS
SM
MD
LG