Tautan-tautan Akses

Israel Batalkan Rencana Bebaskan Warga Palestina Menjelang Idhul Adha


Juru bicara perdana menteri Israel mengatakan tidak ada rencana membebaskan warga Palestina menjelang Idhuladha ini. Dalam pembicaraan pekan lalu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Perdana Menteri Ehud Olmert membayangkan ia mungkin membebaskan sejumlah tahanan.

Namun berita yang tersiar di Israel hari Jum’at mengatakan Olmert tidak akan membebaskan warga Palestina yang ditahan sebelum seorang anggota tentara Israel yang diculik milisi Palestina dibebaskan. Beberapa pejabat Israel turut bersama pihak Palestina mengritik keputusan Olmert itu.

Analis-analis mengatakan membebaskan warga Palestina yang ditahan bisa menunjang posisi Mahmoud Abbas yang moderat yang tengah terlibat perjuangan kekuasaan dengan gerakan Hamas yang garis keras.

Sementara itu – milisi Palestina menembakkan roket dari Gaza ke dalam wilayah Israel, tetapi menurut Israel tidak menimbulkan korban. Awal pekan ini Israel mengatakan akan melancarkan serangan lagi terhadap milisi Palestina yang menembakkan roket itu, sementara tetap mempertahankan gencatan senjata yang telah berjalan sebulan di Gaza.

XS
SM
MD
LG