Tautan-tautan Akses

Kelompok Pimpinan Al-Sadr Tuduh Pasukan AS Membunuh Seorang Tokoh Seniornya


Kelompok pimpinan ulama syiah Moktada al-Sadr menuduh pasukan Amerika membunuh seorang tokoh senior kelompok itu, dan menyerukan diadakan suatu penyelidikan. Kata seorang jurubicara, tentara Amerika dan Irak menyerbu rumah Sahib al-Ameri hari Rabu dekat kota Najaf dan menembak mati orang itu.

Tentara Amerika mengakui adanya serangan itu, tapi menambahkan, orang yang tewas itu adalah tersangka dalam serangan-serangan yang menggunakan bom rakitan.

Kata polisi Irak, sebuah bom mobil menewaskan delapan orang di Baghdad Timur. Sementara, lementerian pertahanan Latvia mengumumkan dua orang tentaranya tewas kena ledakan bom dan tiga lainnya luka-luka di Irak. Ini adalah korban tentara dari negara kawasan Baltik yang tewas sejak tahun 2004. Amerika juga mengatakan seorang lagi pasukan marinirnya tewas hari Rabu dalam pertempuran di propinsi al-Anbar.

Sementara itu, departemen pertahanan Amerika mengumumkan akan segera mengirim 3,500 orang tentara ke Kuwait sebagai cadangan untuk digunakan di Irak atau bagian lain kawasan Timur tengah. Pasukan itu dikirim ke Kuwaiti sambil presiden bush mempertimbangkan strategi baru guna mengurangi aksi kekerasan di Irak.

XS
SM
MD
LG