Tautan-tautan Akses

Kelompok Milisi Lokal Ambil Alih Sebagian Kota Mogadishu dari Laskar Islam


Kelompok-kelompok milisi lokal telah mengambil alih bagian-bagian ibukota Mogadishu dari tangan laskar islam, kata laporan pers setempat. Kata dua kantor berita Somalia, kelompok milisi itu telah menguasai bagian-bagian kota yang ditinggalkan oleh pasukan islam.

Laporan ini muncul selagi pasukan pemerintah Somalia, yang dibantu tentara Ethiopia terus maju kearah Mogadishu. Pasukan pemerintah itu katanya merebut kota Jowhar dan tiba dekat kota Balad, hanya 30 kilometer dari Mogadishu. Pejabat pasukan islam mengatakan mereka hanya mengundurkan diri karena alasan taktis.

Menteri penerangan Ethiopia mengatakan, pasukan Ethiopia tidak akan masuk ke kota Mogadishu, dan masih belum jelas apakah pasukan pemerintah Somalia cukup kuat untuk merebut kota itu sendirian.

Uni Afrika dan Liga Arab menyerukan supaya semua pasukan asing, termasuk tentara Ethiopia ditarik dari Somalia. Tapi Amerika membela kehadiran pasukan Ethiopia itu. katanya tentara Ethiopia masuk ke Somalia atas undangan pemerintah yang sah.

XS
SM
MD
LG