Tautan-tautan Akses

Pemerintah Israel Menyetujui Pembangunan Pemukiman Yahudi Baru di Tepi Barat


Pejabat-pejabat di Israel mengatakan pemerintah telah menyetujui pembangunan pemukiman baru di daerah pendudukan tepi Barat. Para pejabat mengatakan pembangunan akan dimulai dalam beberapa pekan untuk pemukiman di lembah Yordania, di utara Jerussalem. Pemukiman itu akan menjadi tempat kediaman bagi bekas pemukim Israel dari Jalur Gaza, yang dievakuasi tahun lalu ketika Israel mundur dari daerah itu.

Seorang jurubicara Palestina mengutuk langkah tersebut. Ia mengatakan hal ini bertentangan dengan semangat kerja-sama yang diikrarkan oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Ehud Olmert pada pertemuan hari Sabtu.

Dalam berita lain, tim medis Israel mengatakan sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza ke kota Sderot di selatan melukai dua orang, termasuk seorang pemuda belasan tahun. Sebuah roket lagi meledak hari Selasa di kota Ashkelon, Israel, dekat salah satu fasilitas dimana zat berbahaya disimpan. Kelompok militan Palestina Jihad Islam menyatakan bertanggung atas serangan hari Selasa. Setidaknya enam roket ditembakkan ke Israel hari Selasa, dan lebih 60 telah diluncurkan sejak Israel dan Palestina menyetujui gencatan senjata akhir bulan lalu.

Berbagai laporan mengatakan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert akan mengadakan sidang kabinet keamanan hari Rabu untuk membahas peningkatan tembakan roket di perbatasan Gaza. Pemerintah israel terus mendapat tekanan dari penduduk Sderot dan daerah-daerah lain di Israel selatan supaya membalas serangan terhadap pihak militan.

XS
SM
MD
LG