Tautan-tautan Akses

Pasukan Pemerintah Somalia Raih Kemajuan Dalam Pertempuran Melawan Kelompok Islami


Tentara pemerintah Somalia dan Ethiopia memperoleh kemajuan besar hari Selasa dalam pertempuran mereka dengan pasukan Islami untuk menguasai Somalia. Menurut berbagai laporan saksi mata dan media, pasukan pemerintah mengambil alih kekuasaan di setidaknya empat kota di Somalia tengah setelah para pejuang Islami mundur.

Pejabat-pejabat pihak Islami mengatakan langkah tersebut adalah penarikan mundur taktis. Seorang pejabat pemerintah Somalia mengatakan tentara Somalia kini berada kurang 100 kilometer dari Mogadishu, ibukota Somalia yang dikuasai pihak Islami. Seorang pejabat tinggi pengadilan Islami mengatakan setiap upaya untuk merebut Mogadishu akan berakhir dengan malapetaka bagi para penyerang.

Di Addis Ababa, Perdana Menteri Ethiopia Meles Zenawi mengatakan pasukannya telah mematahkan tulang-punggung pihak Islami. Ia juga mengatakan pasukan Ethiopia akan keluar dari Somalia apabila mereka telah menyelesaikan misi mereka. Perdana Menteri Meles tidak mendefinisikan misi itu, tetapi Ethiopia sebelumnya menyatakan tekad untuk melindungi pemerintah interim yang sekular di Somalia.

XS
SM
MD
LG