Tautan-tautan Akses

Kelompok Islam di Somalia Mundur dari Posisi Garis Depan Setelah Menghadapi Serangan Pasukan Etiopia


Para saksi di Somalia mengatakan para pejuang kelompok Islamis telah mundur dari posisi garis depan setelah menghadapi serangan gencar oleh pasukan pemerintah dan pasukan Etiopia.

Penduduk di kota Daynuney – di sebelah selatan markas besar pemerintah sementara di Baidoa – mengatakan kepada Associated Press bahwa tentara yang setia kepada gerakan Dewan Pengadilan Islam menarik diri lebih 50 kilometer hari ini ke arah tenggara.

Para saksi mengatakan pasukan Islamis juga meninggalkan kubu utama mereka di Bur Haqaba dan membentuk konvoi yang bergerak menuju Mogadishu, ibukota Somalia.

Para pejabat kelompok Islamis menggambarkan tindakan tersebut sebagai penarikan karena alasan taktis.

Penarikan itu menyusul pemboman bertubi-tubi oleh jet-jet tempur Etiopia terhadap dua bandar udara internasional utama di Somalia. Kedua bandara itu dikuasai oleh kaum Islamis sejak bulan Juni, ketika mereka berhasil mengalahkan aliansi para pemimpin gerombolan yang didukung Amerika di Mogadishu.

Perdana Menteri Somalia Ali Mohamad gedi mengatakan kepada VOA hari Senin bahwa pasukan thiopia berada di Somalia untuk mendukung pemerintahan transisinya. Ia juga mengatakan ada 5 ribu tentara Eritrea di dalam negeri tersebut yang membantu kelompok Islamis.

XS
SM
MD
LG