Tautan-tautan Akses

Pasukan Israel Longgarkan Pembatasan Bagi Warga Palestina di Tepi Barat


Israel melonggarkan pembatasan bagi warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat, untuk memperkuat kedudukan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Kata perdana menteri Ehud Olmert, 27 halang rintang di Tepi Barat akan dihapuskan.

Ini terjadi dua hari setelah pertemuan antara Abbas dan Olmert. Pos-pos penjagaan Israel itu mempersulit gerakan warga Palestina dan menghambat perkembangan ekonomi yang sudah sulit. Kata menteri pertahanan Amir Peretz sebelumnya, 59 halang rintang akan dibongkar dalam dua tahap. Katanya, Israel juga sedang mempertimbangkan pembebasan sejumlah tawanan Palestina.

Israel sebelumnya mengatakan, tidak akan membebaskan tawanan Palestina, kalau Palestina terus menawan seorang tentaranya yang diculik sejak bulan Juni lalu. Abbas dan kelompok Fattah pimpinannya sedang terlibat adu kekuatan dengan kelompok Hamas yang berkuasa.

Juga hari Senin ini, mahkamah agung Israel akan membuat keputusan tentang pengaduan empat orang anggota DPR Palestina yang diusir Israel dari kediaman mereka di Jerusalem Timur. Israel tadinya mendesak supaya keempat anggota DPR dari kelompok Hamas itu mundur, kalau tidak mau diusir dari Jerusalem.

XS
SM
MD
LG