Tautan-tautan Akses

PM Zenawi Nyatakan Ethiopia Dalam Keadaan Perang Dengan Gerakan Islam di Somalia


Perdana Menteri Ethiopia mengatakan negaranya dipaksa berperang untuk membela diri terhadap militan Islam di negara tetangga Somalia. Pidato Meles Zenawi yang disiarkan oleh televisi secara nasional itu dilakukan setelah pejabat-pejabat Ethiopia menguatkan angkatan bersenjatanya melancarkan serangan udara terhadap posisi-posisi yang diduduki gerakan Islam di Somalia.

Perdana Menteri Zenawi mengatakan pasukan Ethiopia berada di Somalia untuk –dalam tanda kutip-- “melindungi kedaulatan negara itu” dan untuk menggagalkan serangan oleh pejuang-pejuang Islam Somalia. Ia mengatakan pasukan Ethiopia akan meninggalkan Somalia segera setelah misinya berakhir. Ia tidak merinci.

Ethiopia mendukung pemerintah sementara Somalia terhadap gerakan Islam Somalia yang menyebut diri Pengadilan Islam, yang sekarang menguasai sebagian besar negara itu. Meles Zenawi hari ini mengatakan ia mendukung perundingan antara pemerintah sementara Somalia dan gerakan Islam Somalia untuk membentuk sebuah pemerintahan bersama.

XS
SM
MD
LG