Tautan-tautan Akses

Iran Segera Pasang 3000 Mesin Sentrifugal, Lanjutkan Proses Memperkaya Uranium


Iran mengatakan akan segera mulai memasang tiga-ribu mesin sentrifugal untuk memperkaya uranium di satu fasilitas nuklir utama, dalam menanggapi resolusi PBB yang memberlakukan sanksi karena program nuklir negara itu.

Juru runding nuklir utama Iran Ali Larijani mengatakan, aktivitas instalasi itu akan berawal dengan apa yang dia sebut “kecepatan penuh” hari ini di Natanz, lokasi sebuah fasilitas pengayaan uranium.

Hari Sabtu kemarin, dengan suara bulat, Dewan Keamanan PBB memutuskan untuk memberlakukan sanksi melarang perdagangan bahan dan teknologi nuklir sensitif dengan Iran, dalam upaya menghentikan aktivitas pengayaan uranium yang dapat digunakan membuat bom.

Resolusi itu akan membekukan aset perusahaan-perusahaan dan orang-orang penting yang oleh PBB dianggap memiliki keterkaitan dengan program nuklir dan rudal Iran. Dewan Keamanan juga menjanjikan sanksi non-militer lebih jauh jika Iran tidak menaati. Iran mengutuk resolusi itu sebagai tindakan tidak sah yang berada diluar yurisdiksi Dewan Keamanan.

XS
SM
MD
LG