Tautan-tautan Akses

Ethiopia Lancarkan Serangan Udara Terhadap Milisi Islamis di Somalia


Pemerintah Ethiopia mengatakan pasukan negara itu telah melancarkan serangan balasan terhadap pasukan Islamis di negara tetangga Somalia. Addis Ababa telah memperingatkan dalam beberapa pekan baru-baru ini bahwa Ethiopia akan bertindak terhadap Peradilan Islam yang kini menguasai Somalia tengah dan selatan. Para saksi mengutarakan, pesawat-pesawat perang yang tampaknya pesawat-pesawat jet Ethiopia membom posisi-posisi pasukan Islamis di Somalia tengah hari ini. Jet-jet itu menyerang beberapa sasaran di sekitar kota Somalia, Belet Weyne, dan sekitarnya, dekat perbatasan Ethiopia.

Serangan-serangan udara itu menandai kian meningkatnya pertempuran yang telah berlangsung selama seminggu antara kaum Islamis dan pasukan pemerintah Somalia yang didukung Ethiopia. Para saksi mengungkapkan pasukan darat Ethiopia juga melakukan tembak-menembak artileri dan mortir dengan pasukan Islamis yang berpangkalan di Belet Weyne dan wilayah tengah Bandiradley. Di tempat lainnya, pertempuran sengit dilaporkan dekat markas pemerintah transisi di Baidoa. Pasukan milisi Islamis telah berada dalam jarak 30 kilometer dari kota.

Sementara, militan Islam di Somalia meminta pejuang muslim asing bergabung pada apa yang mereka sebut sebuah”Perang Suci’” melawan pasukan pemerintah yang didukung oleh Ethiopia. Pimpinan pertahanan Pasukan Islamis Yusuf Muhamed Said meminta bantuan asing hari ini selagi pertempuran terus dilaporkan antara kedua pasukan yang bertikai. Para saksi mata mengatakan mereka mendengar tembakan artileri dekat kota Baidoa, dimana pemerintah interim berada. Kedua pihak mengklaim telah menewaskan ratusan pejuang musuh dalam bentrokan baru-baru ini di Somalia bagian selatan.

Di Kairo, pemerintah Mesir, dan liga Arab menyerukan diakhirinya pertempuran. Mereka memperingatkan akan kemungkinan konflik regional.Perdana Menteri Somalia Ali Mohamed Gedi mendesak para pemimpin Islam untuk kembali ke perundingan perdamaian. Pasukan pemerintah hanya memiliki sedikit pengaruh diluar basis mereka di Baidoa, dimana Pasukan Islamis telah menguasai kebanyakan kebanyakan wilayah selatan dan tengah Somalia.

XS
SM
MD
LG