Tautan-tautan Akses

Kaisar Akihito: Fakta Sejarah Mengenai PD II Harus Diajarkan Kepada Generasi Muda


Kaisar Jepang Akihito mengatakan fakta-fakta mengenai perang dunia kedua dan para korban perang harus diajarkan kepada generasi muda supaya masa lalu tidak terulang. Pernyataan Kaisar Akihito dikeluarkan hari ini pada perayaan ulang tahunnya yang ke-73.

Dia juga mengatakan bahwa berkabung bagi korban perang adalah penting, tetapi dia menghindarkan diri dari mengatakan bagaimana cara orang-orang sebaiknya mengungkapkan penghormatan mereka. Ziarah tahunan mantan perdana menteri Junichiro Koizumi ke pemakaman Yasukuni di Tokyo yang menghormati para korban perang Jepang, menegangkan hubungan Jepang dengan Cina dan Korea Selatan karena para penjahat perang yang dihukum juga dimakamkan di pemakaman itu.

Beberapa bulan lalu, media Jepang melaporkan bahwa Kaisar Hirohito, ayah kaisar yang sekarang, berhenti mengunjungi pemakaman itu setelah keluarnya keputusan tahun 1978 untuk memakamkan para penjahat perang yang dihukum di pemakaman itu. Akihito mengatakan ayahnya tidak pernah mengatakan kepadanya pandangannya mengenai tindakan berkabung bagi korban perang.

XS
SM
MD
LG