Tautan-tautan Akses

Hamas dan Fatah Sepakat Adakan Gencatan Senjata Baru Mulai Selasa Malam


Kelompok Hamas dan Fatah yang bersaing sepakat mengadakan gencatan senjata baru setelah bentrokan yang menewaskan lima orang dan melukai 18 lainnya di jalur Gaza.

Kata Presiden Palestina Mahmud Abbas, gencatan senjata itu akan mulai berlaku pukul sembilan malam waktu GMT hari Selasa. Kedua pihak katanya sepakat untuk menarik semua pasukan mereka dari jalan-jalan dan tempat umum. Presiden Palestina Mahmud Abbas, dari kelompok Fatah, menyerukan kepada semua kelompok untuk menghentikan tembak-menembak.

Sementara, perdana menteri Ismail Haniyeh, dari kelompok Hamas minta pada warga Palestina supaya bersatu melawan Israel. Haniyeh juga menuduh Amerika berusaha menggulingkan pemerintahan pimpinan Hamas.

Sementara bentrokan bersenjata meluas, Raja Jordania Abdullah menyatakan siap menjadi tuan rumah bagi perundingan kedua kelompok yang bersengketa itu. Aksi-aksi kekerasan dimulai ketika Presiden Abbas menyerukan diadakannya pemilihan umum dini minggu lalu. Hamas bertekad akan memboikot pemilihan itu, kalau diadakan.

XS
SM
MD
LG