Tautan-tautan Akses

Para Sekutu Presiden Iran Menunjukkan Perolehan Suara yang Mengecewakan dalam Pemilu Daerah


Para sekutu Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad yang ultra-konservatif itu sebegitu jauh menunjukkan perolehan suara yang mengecewakan dalam pemilu daerah yang pertama di negara itu sejak ia memegang kekuasaan tahun lalu.

Hasil sebagian dari pemilu daerah Jumat lalu menunjukkan kaum konservatif moderat dan kaum reformis memenangkan banyak kursi dalam dewan kota, dalam pemilu daerah yang pertama di seluruh negara itu. Hasil penghitungan terakhir dalam memperebutkan kursi Majelis Pakar yang kuat itu menunjukkan mantan Presiden Ali Akbar Hashemi Rafsanjani memenangkan sebagian besar suara untuk mewakili wilayah Teheran.

Ia memenangkan lebih dari setengah juta suara lebih banyak daripada yang diperoleh Imam Ayatollah Mohammad Taqi Mesbah Yazdi, yang dipandang sebagai penasehat kerokhanian Presiden Ahmadinejad.

Partai reformis yang terbesar di Iran, Front Partisipasi Islam Iran, mengatakan Presiden menderita kekalahan besar karena apa yang disebutnya caranya yang otoriter.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan usaha pemerintahan Ahmadinejad untuk merekayasa hasil pemilu dengan menolak sejumlah calon, gagal memberi hasil yang diinginkan oleh Presiden Iran itu.

XS
SM
MD
LG