Tautan-tautan Akses

Kerusuhan di Palestina Mengancam Gencatan Senjata Faksi-Faksi yang Bersaing di Jalur Gaza


Tembakan terpencar-pencar mengancam gencatan senjata yang goyah antara faksi-faksi Palestina yang bersaing di Jalur Gaza. Para saksi mata di Kota Gaza mengatakan suara tembakan terdengar di bagian-bagian kota itu tak lama setelah faksi Hamas dan Fatah hari Minggu sepakat menghormati gencatan senjata.

Mereka mengatakan, pemilu tidak akan menanggulangi masalah. Mereka juga menambahkan bahwa orang-orang bersenjata masih terus mengarungi jalan-jalan kota itu hari ini.

Kesepakatan gencatan senjata hari Minggu itu mencakup penghentian segera kekerasan dan mengakhiri rapat-rapat umum dan demonstrasi. Para pejabat kedua pihak mengatakan mereka juga akan berusaha keras menarik senjata dari jalan-jalan.

Hamas dan Fatah telah terlibat dalam pergulatan kekuasaan

sejak Hamas memenangkan pemilu parlemen dan mengambil alih pemerintahan di wilayah-wilayah Palestina sebelumnya tahun ini.

Bentrokan itu memburuk di Gaza hari Minggu setelah Presiden Palestina dan pemimpin Fatah Mahmud Abbas menyerukan pemilu lebih awal yang dikatakan oleh Hamas tidak konstitusional.

XS
SM
MD
LG