Tautan-tautan Akses

NASA Perpanjang Sehari Misi Discovery ke Stasiun Antariksa Internasional


Para pejabat penerbangan antariksa Amerika telah memperpanjang kunjungan pesawat ulangalik Discovery ke Stasiun Antariksa Internasional selama sehari agar para astronout mendapat waktu lebih banyak untuk mempreteli sebuah panel surya yang tersekat. Para astronout Discovery sedang bersiap melakukan jalan-antariksa keempat yang sebelumnya tidak direncanakan hari Senin untuk merampungkan tugas itu.

Dalam tiga kali jalan-antariksa sebelumnya, para astronout berhasil memasang kembali kabel listrik stasiun antariksa itu untuk dihubungkan dengan panel surya baru yang dibawa pada misi-misi ulangalik sebelumnya. Panel baru itu akan menyediakan tenaga listrik bagi laboratorium baru Eropa dan Jepang yang akan ditambahkan pada stasiun itu tahun depan.

Astronout Amerika Robert Curbeam dan Sunita Williams merampungkan pemasangan kembali kabel itu sewaktu jalan-antariksa panjang yang berakhir Minggu pagi. Tetapi mereka tidak dapat melipat sepenuhnya panel surya lama yang tersekat sewaktu dicabut. Jalan antariksa tambahan hari Senin itu akan mengundur sehari pendaratan Discovery di Pusat Penerbangan Antarikasa Kennedy di Florida menjadi hari Jumat.

XS
SM
MD
LG