Tautan-tautan Akses

Faksi-Faksi Bersenjata Palestina Sepakat Berlakukan Gencatan Senjata di Gaza


Para pejabat di Jalur Gaza mengatakan faksi-faksi Palestina, setelah terjadi kekerasan selama sehari, telah mencapai kesepakatan untuk menghentikan tembak-menembak dan mengambalikan ketenangan.

Tembak-menembak meningkat di Gaza hari Ahad, setelah Presiden Palestina menyerukan diadakannya pemilihan baru. Ahad malam, orang-orang bersenjata menculik dan membunuh seorang perwira keamanan yang setia kepada faksi Fatahnya Presiden Mahmoud Abbas.

Sebelumnya, orang-orang yang dicurigai sebagai militan yang setia kepada kelompok Hamas yang berkuasa melepaskan tembakan terhadap para demonstran pro-Fatah di Jalur Gaza utara dan melepaskan mortir di kantor Presiden Palestina Abbas di Kota Gaza.

Sementara, tembak-menembak terjadi dekat kantor Presiden Abbas, orang-orang bersenjata dari kelompok Fatah menguasai dua kementerian yang dijalankan oleh Hamas dalam apa yang disebut oleh PM Ismail Haniyeh sebagai percobaan kudeta. Perempuan berusia 19 tahun tertembak mati dalam tembak-menembak yang terjadi dan banyak lagi wargta sipil yang cedera.

XS
SM
MD
LG