Tautan-tautan Akses

AS Serukan Korea Utara Serius Mengenai Pengakhiran Program Nuklirnya


Utusan utama Amerika urusan program nuklir Korea Utara mendesak negara itu agar ‘mulai serius’ mengenai pengakhiran program senjata nuklir negara itu. Christopher Hill berada di Beijing untuk babak terbaru perundingan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara.

Perundingan resmi direncanakan akan dimulai hari Senin ini. Hill mengatakan babak perundingan sekarang ini – yang pertama dalam waktu lebih dari satu tahun—meruapakan saat penting bagi Korea Utara untuk memutuskan memilih antara jalur diplomasi atau jalur yang akan mencakup pengenaan sanksi.

Diplomat Amerika itu secara singkat bertemu dengan rekannya dari Korea Utara Kim Kye Gwan hari Ahad pada jamuan makan di Beijing, tetapi mengatakan tidak ada keputusan yang penting.

Hill mengatakan tujuan utama Washington dalam perundingan itu adalah untuk memperoleh keputusan pelaksanaan persetujuan September 2005, dimana Pyongyang berjanji meninggalkan program senjata nuklirnya dan sebagai imbalan akan mendapat bantuan dan jaminan keamanan.

XS
SM
MD
LG