Tautan-tautan Akses

Milisi Bersenjata Hamas dan Fatah Bentrok di Gaza dan Ramallah, 32 Luka-Luka


Orang-orang Palestina bersenjata yang bermusuhan bentrok di Gaza dan kota Tepi Barat, Ramallah, sehari setelah serangan maut terhadap rombongan perdana menteri Palestina.

Kekerasan yang terjadi hari ini merupakan bentrokan hari kelima antara kelompok Hamas yang memerintah dan faksi Fatah Presiden Mahmud Abbas yang jadi saingannya. Paling kurang 32 orang luka-luka dalam kekerasan itu.

Bentrokan itu menyusul tuduhan Hamas bahwa orang-orang bersenjata Fatah berusaha hendak membunuh Perdana Menteri Ismail Haniyeh. Tembakan menewaskan pengawal pribadi perdana menteri itu hari Kamis dekat lintasan perbatasan Mesir-Gaza. Fatah membantah terlibat dalam serangan itu.

Presiden Abbas menyatakan penyesalan atas insiden tersebut. Meski terjadi kekerasan, puluhan ribu pendukung Hamas melakukan rapat umum di Kota Gaza hari ini, memperingati ulangtahun ke-19 kelompok itu.

Dalam pidato sengit, Haniyeh mengatakan, anggota Hamas tidak menyertai organisasi itu, mengutip kata-katanya: “untuk menjadi menteri melainkan untuk menjadi suhada.”

XS
SM
MD
LG