Tautan-tautan Akses

Henry Paulson: AS dan Cina Sepakat untuk Kerjasama Bidang Perdagangan


Menteri Keuangan Amerika Henry Paulson mengatakan Amerika Serikat dan Cina telah sepakat untuk bekerjasama untuk memperkecil ketidak-seimbangan perdagangan antara kedua negara.

Paulson dan Wakil Perdana Menteri Cina, Wu Yi, menyelesaikan pembicaraan ekonomi tingkat tinggi selama dua hari di Beijing hari ini. Dalam jumpa pers, Paulson mengatakan bahwa kedua pihak sepakat untukmengambil langkah menanggulangi ketidak-seimbangan global melalui tabungan nasional yang lebih besar di Amerika Serikat dan meningkatkan konsumsi dan keluwesan kurs mata uang di Cina.

Pejabat Amerika dan Cina juga sepakat untuk mengizinkan bursa saham Nasdaq dan bursa Saham New York untuk membuka kantor-kantor di Cina. Delegasi Amerika, yang dipimpin Paulson, sedang ditekan oleh perusahaan-perusahaan Amerika untuk mengambil sikap yang keras terhadap Cina mengenai nilai mata uangnya dan kekurang terbukaan pasar Cina. Washington mengatakan nilai mata uang Yuan ditekan terlalu rendah, yang membuat ekspor Cina secara tidak wajar murah, sehingga perusahaan-perusahaan Amerika kurang dapat bersaing.

XS
SM
MD
LG