Tautan-tautan Akses

Ban Ki-Moon Diambil Sumpahnya Sebagai Sekjen Baru PBB ke-Delapan


Mantan menteri luar negeri Korea Selatan Ban Ki-Moon telah secara resmi diangkat menjadi sekretaris jenderal ke-delapan PBB. Ban Ki-Moon yang berusia 62 tahun mengambil sumpah hari Kamis dalam Sidang Umum PBB. Dia berjanji akan memenuhi standar etika tertinggi dan memimpin sebagai suri teladan.

Kepala PBB yang segera melepaskan jabatannya Kofi Annan dari Ghana memuji Ban Ki-Moon atas karir diplomatiknya yang panjang dan terhormat. Dia mengatakan tahun-tahun yang paling membawa manfaat terbentang di depan. Kofi Annan juga mengatakan PBB berbuat jauh lebih banyak dibanding sebelumnya, namun pekerjaan itu jauh dari selesai.

Dalam komentar setelah pelantikannya, sekretaris jenderal PBB yang segera memangku jabatannya itu mengatakan penderitaan di Darfur, Sudan tidak dapat diterima. Menurutnya PBB harus bekerjasama dengan Uni Afrika dan pemerintah Sudan untuk menangani konflik di Darfur.

Sekretaris Jenderal yang baru itu akan mulai mengambil alih jabatan pada tengah malam tanggal satu Januari ketika Kofi Annan lengser setelah sepuluh tahun memegang jabatan tertinggi PBB itu.

XS
SM
MD
LG