Tautan-tautan Akses

Pembunuhan Mantan Agen KGB Alexander Litvinenko Merusak Citra Rusia


Jurubicara Kremlin mengatakan tidaklah dapat dibayangkan bahwa pemerintah Rusia mendalangi pembunuhan mantan agen KGB Alexander Litvinenko atau pembunuhan manapun.

Dmitri Peskov mengatakan kepada BBC bahwa pembunuhan wartawan Rusia Anna Politkovskaya, yang disusul dengan pembunuhan Litvinenko dengan racun, merusak citra Rusia di luar negeri. Ia mengatakan pembunuhan mereka bertujuan untuk menggoyahkan negara itu.

Litvinenko adalah pengecam Presiden Rusia, Vladimir Putin. Litvinenko jatuh sakit tanggal 1 November di London dan meninggal 3 minggu kemudian dengan kadar radio-aktif yang tinggi Polonium-210 dalam tubuhnya. Ia bertemu dengan 3 orang Rusia tidak lama sebelum ia sakit.

Detektif Inggris telah mewawancarai dua orang rekan Litvinenko. Keduanya sedang menjalani pengobatan untuk racun radiasi di rumah sakit Moskow.

Para penyelidik Rusia sedang mengadakan penyelidikan mereka sendiri dan mereka telah mengumumkan rencana untuk pergi ke Inggris untuk penyelidikan lebih jauh.

Jaksa Agung Rusia, Yuri Charika, bertemu hari ini dengan dutabesar Inggris di Moskow, Anthony Brenton, untuk membicarakan kasus tersebut.

XS
SM
MD
LG