Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Enam Pihak Soal Nuklir Korut Dimulai Lagi Sabtu Depan di Beijing


Berita media cetak menyebutkan bahwa pembicaraan enam negara yang macet mengenai program nuklir Korea Utara dapat dimulai Sabtu mendatang di Beijing. Surat kabar Washington Post edisi Sabtu, mengatakan, utusan tertinggi Amerika ke pembicaraan itu, Christopher Hill akan segera menyampaikan pengumuman resmi. Christopher Hill mengatakan kepada Washington Post, ‘Kami akan kembali’ Tetapi dia tidak memberikan rincian lebih jauh.

Tidak ada konfirmasi resmi mengenai laporan tersebut. Tetapi pada hari Jumat, seorang diplomat senior Amerika mengatakan kepada wartawan, ada kemungkinan pembicaraan itu dimulai kembali dalam 10 hari ini, meskipun dikatakannya, pengaturan nya belum selesai.

Berita-berita di Amerika juga mengatakan, pembicaraan tentang program senjata nuklir Korea Utara tersebut dapat dimulai lagi tanggal 16 Desember. Berbicara kepada wartawan hari ini di Manila, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, kalau mereka membuka kembali pembicaraan, ia akan bekerjasama dengan Amerika Serikat dan pihak-pihak lain untuk mengusahakan tercapainya hasil nyata.

XS
SM
MD
LG