Tautan-tautan Akses

Presiden Mahmoud Abbas Mungkin Akan Adakan Pemilu Awal di Palestina


Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, ia mungkin akan mengadakan pemilu awal kalau partainya, Partai Fatah gagal mencapai persetujuan politik dengan kelompok militan Hamas. Para pejabat mengatakan hari Sabtu, ia akan mengumumkan rencana untuk penyelenggaraan pemilu presiden dan parlemen pekan depan.

Para pemimpin Hamas segera menolak rencana Presiden Mahmoud Abbas, yang disebut Hamas sebagai usaha kudeta terhadap Pemerintah yang dipimpin Hamas. Mereka juga memperingatkan bahwa hal itu akan meningkatkan ketegangan. Kepemimpinan Palestina sedang menghadapi krisis finansial karena sanksi internasional yang dikenakan terhadap Palestina setelah Hamas memenangkan pemilu tahun ini.

Para donor Barat meminta agar kelompok militan itu mengakui Israel dan menerima perjanjian sementara Isrel - Palestina. Hari Jum’at, Perdana Menteri Ismail Haniyeh dari Hamas mengatakan, kelompoknya tidak akan pernah mengakui Israel, dan bersumpah akan terus melakukan perlawanan dengan kekerasan.

Hamas dan Partai Fatah Presiden Mahmoud Abbas telah gagal mencapai kesepakatan dalam membentuk pemerintah persatuan untuk mengakhiri sanksi tersebut.

XS
SM
MD
LG