Tautan-tautan Akses

Kelompok Hak Azasi di New York Menuduh India Menyediakan Bantuan Militer Kepada Birma


Kelompok hak azasi yang berkantor pusat di New York, Human Rights Watch, menuduh India menyediakan bantuan militer kepada Birma yang mungkin digunakan untuk menghadapi warga sipil Birma pada saat pihak militer memerangi pemberontak etnis.

Dalam pernyataan yang dirilis hari ini, kelompok itu mengatakan pemimpin angkatan udara India, S.P Tyagi, menyediakan paket bantuan bernilai jutaan dolar kepada pemimpin militer Birma dalam kunjungan ke Birma bulan lalu.

Laporan itu mengatakan Tyagi mengusulkan untuk memperkuat angkatan udara Birma dengan cara memperlengkapinya dengan helikopter tempur dan meningkatkan kemampuan pesawat tempur Birma dengan teknologi mutakhir.

Direktur Human Rights Watch di Asia, Brad Adams, mengatakan sangat mengejutkan mengetahui bahwa India menawarkan bantuan kepada rejim Birma yang kemungkinan besar akan menggunakan persenjataan baru itu untuk menghadapi penduduk sipilnya.

Militer Birma terlibat dalam pertempuran sengit melawan pemberontak suku Karen di Birma utara sejak bulan Februari tahun ini

XS
SM
MD
LG