Tautan-tautan Akses

Perundingan Perdagangan Bebas antara Amerika dan Korea Selatan Terhambat


Perundingan perdagangan bebas antara Amerika Serikat dan Korea Selatan telah macet, karena Korea Selatan menghentikan usaha untuk mencapai perjanjian perdagangan bebas dalam dua bidang yang penting.

Asisten Duta Perdagangan Amerika, Wendy Cutler, mengatakan Korea Selatan telah menghentikan perundingan mengenai rancangan perdagangan farmasi dan “anti-dumping” atau larangan menjual produk di bawah harga pokok. Dia mengatakan Korea Selatan mengajukan usul yang tidak dapat ditawar-tawar, sehingga tidak ada peluang untuk mencapai kompromi. Namun, dia mengatakan dia masih berharap akan tercapainya perjanjian perdagangan bebas sebelum awal tahun depan.

Sementara itu, para pejabat Amerika mengatakan mereka sangat kecewa atas penolakan terbaru Korea Selatan terhadap pengiriman daging sapi Amerika.

Cutler mengatakan bahwa sekalipun masalah daging sapi itu tidak berkaitan langsung dengan perundingan perdagangan bebas, dia mengatakan para anggota Kongres Amerika menghendaki pembukaan kembali pasar daging sapi Korea Selatan sebelum menyetujui persetujuan perdagangan.

XS
SM
MD
LG