Tautan-tautan Akses

Rombongan Polisi Inggris Tiba di Moskow untuk Menyelidiki Kematian Alexander Litvinenko


Rombongan polisi Inggris telah tiba di Moskow untuk menyelidiki kematian dengan keracunan misterius bekas mata-mata Rusia, Alexander Litvinenko.

Menteri Dalam Negeri Inggris John Reid mengatakan hari Senin bahwa tim 9 orang polisi akan menanyai para saksi yang berbicara dengan Litvinenko sebelum ia meninggal. Tidak jelas berapa lama kunjungan polisi itu akan berlangsung.

Kehebohan atas meninggalnya bekas mata-mata itu telah menimbulkan ketegangan diplomatic antara Inggris dan Rusia. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memperingatkan hari Senin bahwa spekulasi yang terus-menerus bahwa Moskow terlibat dalam kematian Litvinenko mungkin akan merusak hubungan dengan Inggris.

Ia mengatakan demikian di Brussels dimana ia menghadiri pertemuan organisasi keamaan tertinggi di Eropa. Sementara itu, seorang pengacara bekas perwira keamanan Rusia Mikhail Trepashkin mengatakan perwira yang dipenjarakan itu mempunyai bukti dalam kasus keracunan itu. Ia mengatakan Trepashkin bersedia memberi kesaksian kepada para penyelidik dari Scotland Yard.

XS
SM
MD
LG