Tautan-tautan Akses

Hizbullah dan Sekutu Pro-Suriah Serukan Protes Terhadap Pemerintah Libanon


Kelompok militan Syiah, Hizbullah dan para sekutunya yang pro-Suriah menyerukan protes massal tidak terbatas terhadap pemerintah Libanon yang didukung Amerika. Demonstrasi itu dijadwalkan akan dimulai hari Jumat di Beirut pusat. Perdana Menteri Fouad Siniora menanggapi dalam pidato yang dipancarkan televisi Kamis malam dengan berjanji akan mempertahankan demokrasi dan menolak mengundurkan diri.

Hizbullah telah menyerukan protes damai, namun pasukan militer Libanon telah meningkatkan keamanan di ibukota. Dalam sebuah pidato yang ditayangkan televisi untuk mengumumkan demonstrasi itu hari Kamis, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah menyebut pemerintah Libanon “tidak becus” dan menuntut dibentuknya pemerintahan nasional bersatu yang baru.

Kelompok-kelompok anti-Suriah menuduh Hizbullah dan oponen-oponen lainnya merencanakan kudeta. Sebelumnya bulan ini, enam menteri dari partai Hizbullah dan partai Amal meninggalkan pemerintah karena permintaan mereka untuk mendapat kekuasaan lebih besar tidak dipenuhi.

XS
SM
MD
LG