Tautan-tautan Akses

Bush-Maliki Berjanji Percepat Pengalihan Tugas Dari Pasukan Koalisi ke Pasukan Irak


Presiden Bush dan perdana menteri Irak Nouri al-Maliki telah berjanji janji untuk mempercepat pengalihan tanggung jawab keamanan dari pasukan koalisi pimpinan Amerika kepada pasukan Irak. Setelah pembicaraannya dengan al-Maliki di Yordania hari Kamis, Presiden Bush mengatakan Amerika tidak mengupayakan apa yang dia sebut “penarikan pasukan dengan terhormat” dari konflik di irak. Menurutnya pasukan Amerika akan tetap berada di Irak sepanjang pemerintah Irak menginginkannya. Kedua pemimpin tidak mengungkapkan jadwal untuk serah terima tanggung jawab.

Namun dalam wawancara dengan jaringan televisi ABC setelah perundingan itu, Maliki mengatakan pasukan Irak akan siap mengambil kontrol keamanan sepenuhnya sebelum bulan Juni tahun depan. Penasehat keamanan Presiden Bush, Stephen Hadley, mengatatakan kepada wartawan Bush akan membuat perubahan-perubahan pada kebijakannya di Irak dalam beberapa pekan – bukan bulan – mendatang. Sebuah panel dengan anggota dari kedua partai dijadwalkan Rabu depan akan mengumumkan rekomendasinya tentang kebijakan terhadap Irak.

Sementara secara terpisah, para pejabat Irak mengatakan lebih dri 50 mayat ditemukan di Baghdad selama sehari terakhir. Militer Amerika juga mengatakan kuburan massal dengan 28 mayat telah ditemukan di dekat kota Baquba yang bergejolak, di utara Baghdad. Dalam kekerasan lain, deputi kepala kantor urusan pelestarian dan pemeliharaan masjid Sunni, Nasir Gatami, dan tiga orang pengawalnya dibunuh di kota Basra, Irak selatan dan sebuah penyergapan terhap iring-iringan dua kendaraan mereka.

Militer Amerika juga mengumumkan kematian seorang tentara Amerika dalam operasi pertempuran hari Rabu di Baghdad. Amerika Serikat mengatakana hari Rabu pihaknya memindahkan sekitar dua ribu tentara dari Irak utara ke Baghdad guna membantu menstabilkan situasi keamanan. Para pejabat mengatakan sebagian dari para tentara itu akan menggantikan tentara yang dijadwalkan akan meninggalkan Irak.

XS
SM
MD
LG