Tautan-tautan Akses

Jalal Talabani Minta Bantuan Iran Untuk Memperbaiki Situasi di Irak


Presiden Irak, Jalal Talabani minta bantuan Iran untuk memperbaiki situasi keamanan di Irak. Talabani mengutarakan seruan itu pada hari Senin, dalam pembicaraan di Teheran dengan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Pemimpin Iran itu berjanji akan bekerja sama, dan negaranya akan melakukan semampunya.

Di New York, Sekretaris Jendral PBB, Kofi Annan mengatakan, Irak berada di ambang perang saudara, dan bisa terperangkap dalam kancah tersebut kecuali sesuatu yang drastis dilakukan.

Sementara itu, pejabat Irak mengakhiri larangan keluar rumah yang sudah berlangsung tiga hari di Baghdad, setelah serangan bom menewaskan 200 orang. Pejabat Irak mengatakan, 6 orang tewas di Baghdad pada hari Senin.

Di sebelah utara ibukota, pihak militer Amerika mengatakan, sebuah pesawat tempur Amerika jatuh, kondisi pilot nya dan penyebab jatuh nya tidak diberitakan.

Di Kirkuk, Irak Utara, fihak militer Amerika mengatakan, api merambat di sebuah pengolahan minyak setelah terjadi serangan mortir oleh pembrontak. Tidak ada yang luka-luka, dan apinya berhasil dikuasai.

XS
SM
MD
LG