Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang di Istanbul Lancarkan Protes Terhadap Rencana Kunjungan Paus


Puluhan ribu orang hari Ahad berkumpul di kota terbesar di Turki, Istanbul untuk melancarkan aksi protes terhadap rencana kunjungan Paus Benediktus pekan ini. Kaum demonstran meneriakkan slogan-slogan Islami dan mengacung-acungkan poster yang berbunyi “Kunjungan Paus Tak Diinginkan.”

Para pejabat mengatakan para pemrotes, yang melancarkan aksi protesnya secara tertib, dipantau oleh empat ribu polisi Turki, yang didukung kendaraan lapis baja dan pesawat-pesawat helikopter. Kemarahan terhadap paus meluas di sebagian besar negara Islam bulan September yang lalu, setelah Paus Benediktus mengutip pernyataan negatif mengenai Islam oleh Kaisar Kristen Bizantium abad ke 14.

Paus mengatakan ia tidak sependapat dengan pandangan Kaisar itu. Berbicara hari ini di Vatikan, paus mengatakan ia menanti-nanti kunjungannya ke Turki sebagai kesempatan untuk menyampaikan “rasa hormat dan persahabatan yang tulus” kepada Turki dan rakyat Turki.

Vatikan menguatkan hari Ahad bahwa Paus Benediktus akan menunjungi Istanbul yang terkenal dengan Masjid Birunya dalam kunjungan empat harinya, yang akan dimulai Selasa ini.

XS
SM
MD
LG