Tautan-tautan Akses

Israel dan Militan Palestina Sepakat Lakukan Gencatan Senjata di Kawasan Gaza


Israel dan militan Palestina sepakat melakukan gencatan senjata di daerah Gaza. Presiden Palestina Mahmoud Abbas menjelaskan, militan Palestina akan berhenti menembakkan roket dari Gaza ke dalam wiyalah Israel terhitung pukul 4 pagi GMT hari Minggu.

Kantor perdana menteri Israel Ehud Olmert mengatakan Olmert akan memberi tanggapan sesuai atas gencatan senjata itu. Presiden Abbas meminta Israel menghentikan semua operasi militer di Gaza. Israel memulai operasi itu sejak militan Palestina menculik seorang anggota tentara Israel dalam serangan lintas-batas bulan Juli lalu.

Gencatan senjata itu diumumkan beberapa jam setelah Palestina mengatakan pesawat tempur Israel menyerang sebuah mobil di Gaza menewaskan seorang militan anggota HAMAS. Saksi mata mengatakan Israel melancarkan serangan udara kedua terhadap sebuah mobil kosong di Gaza, namun dikabarkan tidak ada korban. Pihak keamanan Palestina mengatakan mobil itu milik militan.

Pasukan Israel juga menewaskan seorang militan dalam tembak-menembak di timur kota Beit Lahiya dan menewaskan seorang lelaki Palestina yang mendekati pos lintas batas KARNI antara Gaza dan Israel.

XS
SM
MD
LG