Tautan-tautan Akses

Pyongyang Dipenuhi Spanduk Pujian Status Korut Sebagai Negara Nuklir


Ibukota Korea Utara , Pyongyang penuh spanduk propaganda yang memuji status Korea Utara sebagai negara nuklir, sebulan setelah negara itu melakukan ujicoba nuklir bawah tanah. Berita-berita televisi menunjukkan kota itu hari Sabtu dihias spanduk-spanduk yang menyebut ujicoba itu peristiwa bersejarah.

Paling sedikit satu spanduk menyebut Korea Utara, dengan tegas mematahkan semua tantangan imperialis dengan penuh rasa bangga dan hormat menjadi negara nuklir. Korea Utara berkeras bahwa pihaknya memerlukan senjata nuklir untuk menangkis ancaman dari Amerika Serikat. Tetapi Washington telah mengatakan berulang-ulang bahwa pihaknya tidak mempunyai maksud menyerang Korea Utara.

Pyongyang mendapat kecaman internasional setelah melakukan ujicoba nuklir bawah tanah tanggal 9 Oktober lalu. Tetapi Korea Utara baru-baru ini sepakat untuk kembali ke perundingan multilateral tentang diakhirinya kegiatan nuklir Korea Utara. Pembicaraan itu diduga akan dilanjutkan kembali di Beijing paling cepat 6 bulan lagi.

XS
SM
MD
LG