Tautan-tautan Akses

Laporan PBB: Satu Juta Kasus AIDS Baru Terjadi di Asia Tahun 2005


Hampir satu juta kasus AIDS baru dilaporkan di Asia tahun lalu, kata laporan PBB, sementara jumlah penderita yang mendapat pengobatan juga terus bertambah secara dramatis. Kata laporan itu di Thailand 50 persen penderita AIDS telah menerima obat-obat anti-retroviral yang dibutuhkan untuk melawan virus HIV.

Namun, menurut laporan PBB itu, sebagian besar penderita baru di Cina dan Thailand itu adalah orang-orang yang tadinya termasuk kelompok yang kecil kemungkinannya terkena AIDS. Ini menunjukkan bahwa bencana AIDS telah menyebar lebih luas lagi.

Sementara itu, PBB juga melaporkan bahwa kawasan sub-Sahara Afrika terus merupakan pusat epidemi HIV dan AIDS. Kata laporan PBB, di kawasan sub-Sahara itu terdapat 25 juta orang yang terkena virus HIV, atau hampir dua pertiga dari jumlah penderita di seluruh dunia.

Kira-kira 2,1 juta orang mati karena HIV dan AIDS dalam 25 tahun terakhir ini. Kata laporan itu lagi, Zimbabwe adalah satu-satunya negara di sub-Sahara dimana jumlah penderita HIV berkurang, kemungkinan karena meluasnya penggunaan kondom dan diambilnya langkah-langkah pencegahan lain.

XS
SM
MD
LG