Tautan-tautan Akses

IAEA Pertimbangkan Permintaan Bantuan Iran Untuk Bangun Reaktor Plutonium


Para pejabat badan tenaga atom internasional diperkirakan akan mengabulkan permintaan bantuan Iran untuk menyelesaikan pembangunan reaktor plutonium dekat Teheran. Kata para diplomat barat, badan tenaga atom itu kemungkinan akan memberikan persetujuan bantuan bagi tujuh proyek yang diminta Iran, termasuk bantuan untuk mengamankan berbagai proyek nuklirnya.

Iran mengatakan, reaktor nuklir di kota Arak akan diresmikan tahun 2009 untuk menghasilkan isotop bagi keperluan rumah sakit. Tapi dutabesar Amerika pada badan tenaga atom itu mengatakan, pusat nuklir di Arak itu bisa menghasilkan bahan-bahan nuklir untuk membuat senjata.

Sementara secara terpisah, para pejabat enam negara dan Uni Eropa telah menanda-tangani perjanjian untuk membangun reaktor fusi nuklir eksperimental di Perancis. Pembangunan proyek raksasa itu akan makan biaya lebih dari 12 milyar dollar dan akan diongkosi bersama oleh Cina, India, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Amerika dan Uni Eropa.

Proyek yang bernama “International Thermonuclear Experimental Reactor” itu, atau “ITER” akan dibangun di Perancis bagian selatan dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 10 tahun. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga listrik tanpa mengeluarkan gas-gas rumah kaca.

XS
SM
MD
LG