Tautan-tautan Akses

Pertemuan APEC di Hanoi Ditutup Dengan Pernyataan Keprihatinan Atas Nuklir Korut


Para pemimpin 21 wilayah ekonomi dunia telah menutup pertemuan sepekan di Hanoi dengan menyatakan sangat khawatir atas percobaan nuklir Korea Utara belum lama ini. Para pemimpin forum Kejasama Ekonomi Asia Pasifik hari ini membacakan pernyataan mendesak Korea Utara menaati komitmennya untuk menghentikan pembuatan senjata nuklir.

Para pejabat mengatakan, isu Korea Utara itu tidak tercantum dalam deklarasi akhir APEC karena para pemimpin tidak sepakat mengenai redaksinya. Deklarasi itu menyatakan, anggota-anggota APEC akan berusaha sekuat daya menghidupkan kembali perundingan perdagangan global yang menghadapi jalan buntu.

Forum itu memperingatkan konsekuensi ekonomi yang gawat jika perundingan Putaran Doha Organisasi Perdagangan Dunia gagal. Perundingan macet bulan Juli lalu karena ketidaksepakatan mengenai perdagangan produk pertanian.

Para pemimpin APEC di KTT itu juga berjanji mempertimbangkan rencana bagi kawasan perdagangan bebas regional tahun 2007. Amerika Serikat telah mendesak APEC memulai pengembangannya sekarang.

XS
SM
MD
LG