Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Perundingan 6 Negara Program Nuklir Korea Utara akan Dilanjutkan


Diplomat senior Amerika, Christopher Hill mengatakan perundingan 6 negara mengenai porgram nuklir Korea Utara kemungkinan besar akan dilanjutkan kembali awal Desember.

Hill mengatakan dia berharap dapat segera menetapkan tanggal untuk pembicaraan tersebut tapi mengatakan negosiasi itu direncanakan dengan hati-hati untuk memastikan mereka membuat kemajuan.

Dia berbicara hari ini di Hanoi, di sela-sela forum APEC. Utusan Amerika itu bertemu dengan pejabat Korea Selatan dan Jepang di sana untuk membahas rencana perundingan Korea Utara.

Hill mengatakan Washington, Seoul dan Tokyo sepakat bahwa mereka tidak akan mengakui Korea Utara sebagai negara bersenjata nuklir.

Dia mengatakan mereka akan mendesak Pyongyang mematuhi persetujuannya pada bulan September tahun lalu untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir sebagai balasan atas jaminan bantuan dan keamanan.

Utusan Korea Selatan Chung Yung-woo mengatakan para diplomat akan berkonsultasi dengan Cina mengenai tanggal untuk perundingan berikutnya. Cina adalah tuan rumah proses 6 negara itu.

XS
SM
MD
LG