Tautan-tautan Akses

IAEA Tak Bisa Pastikan Apakah Program Nuklir Iran Hanya Untuk Maksud Damai


Badan tenaga atom internasional (IAEA) tidak bisa memastikan apakah program nuklir Iran sepenuhnya ditujukan untuk maksud-maksud damai. Kata sebuah laporan rahasia, badan tenaga atom itu menemukan sisa-sisa plutonium di sebuah tempat pembuangan sampah nuklir Iran.

Iran saat ini sedang memperkaya uranium, suatu proses yang bisa dipakai untuk membuat senjata nuklir. Kata Presiden Mahmud Ahmadinejad, Iran berharap akan segera bisa merayakan selesainya proyek pengayaan uranium itu. Kata Ahmadinejad, banyak negara telah sepakat untuk menerima kenyataan bahwa Iran punya sistem pengayaan bahan bakar nuklir. Iran juga siap untuk berunding dengan Amerika, kata Ahmadinejad, kalau Amerika mau memperbaiki tingkah-lakunya.

Untuk itu, Ahmadinejad mengatakan dia sedang menyiapkan sebuah pesan khusus bagi rakyat Amerika. Dewan Keamanan PBB sedang membahas rancangan resolusi yang akan menghukum Iran, tapi dua anggota tetap DK yang punya hak veto, Cina dan Rusia, enggan untuk menghukum Iran.

Sementara dari Stockholm dilaporkan, satu dari empat reaktor pada pembangkit listrik nuklir Swedia yang paling besar, terpaksa ditutup karena adanya kebakaran Selasa pagi. Kata para pejabat, kebakaran disebabkan oleh ledakan pada alat transformer di pembangkit listrik nuklir ringhals, dekat Stockholm. Sistem keamanan secara otomatis menghentikan sebuah reaktor yang terletak 60 meter dari tempat kebakaran itu. Tidak dilaporkan adanya kebocoran radiasi ataupun korban cedera.

XS
SM
MD
LG