Tautan-tautan Akses

PM Irak Nouri Al-Maliki Serukan Perombakan Kabinet


PM Irak Nouri al-Maliki menyerukan dilakukannya perombakan kabinetnya. Dalam sebuah pernyataan, PM al Maliki mengatakan situasi sekarang ini di Irak memerlukan adanya perubahan dalam kabinet. Ia tidak memberikan rincian.

Tetapi kantor-kantor berita mengatakan salah satu langkah yang akan diambil adalah merombak Departemen Dalam Negri, yang mengendalikan kepolisian dan di bawah kekuasaan kelompok Shiah. Pemerintahan Maliki tidak dapat menghentikan meningkatnya pemberontakan dan kekerasan antar golongan.

Maliki, seorang Shiah yang mendapat dukungan dari partai-partai Shiah dalam parlemen, menolak meluncuti senjata milisi Shiah yang dituduh bertanggung-jawab atas penculikan dan penyiksaan orang-orang Sunni.

Dalam aksi kekerasan hari ini, sebuah bom bunuh diri menewaskan sekurang-kurangnya 35 orang, sebagian besar calon-calon anggota polisi, di pusat penerimaan anggota polisi baru di Baghdad. Di Irak selatan , empat tentara Inggris tewas ketika kapal partrolinya diserang di perairan Shatt al Arab di kota Basra di selatan.

XS
SM
MD
LG