Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Asia-Pasifik Akan Berkumpul di Hanoi Bahas Liberalisasi Perdagangan


Para pejabat tinggi dari kelompok Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik berkumpul di Hanoi untuk mengadakan pertemuan selama seminggu mengenai isu-isu regional dan global, mulai hari Minggu.

Liberalisasi perdagangan global adalah topik utama bagi sebagian besar negara-negara Lingkar Pasifik yang menjadi anggota APEC. Dengan macetnya perundingan Organisasi Perdagangan Dunia, WTO, dalam pertikaian mengenai subsidi pertanian, para wakil ke-21 negara anggota APEC diperkirakan akan menanda-tangani yang disebut Hanoi Action Plan(atau Rencana Tindakan Hanoi) yang menyatakan kembali komitmen mereka pada perdagangan bebas dan terbuka.

Presiden Bush akan tiba di Vietnam pekan depan untuk menghadiri bagian pertemuan puncak forum APEC tersebut, bersama-sama dengan para kepala negara dari Rusia, Cina dan negara lain.

Para pemimpin tersebut diperkirakan akan bertemu secara pribadi dalam pertemuan puncak itu, yang juga akan terfokus pada isu-isu keamanan menyusul percobaan nuklir bawah tanah Korea Utara bulan lalu.

XS
SM
MD
LG