Tautan-tautan Akses

Demokrat Memenangkan Pemilihan Anggota Senat di Negara Bagian Virginia


Laporan media Amerika sekarang memperkirakan Partai Demokrat telah memenangkan pemilihan anggota Senat yang hampir berimbang di negara bagian Virginia, yang memberi kepada partai itu kekuasaan mayoritas dalam Senat.

Dalam pemilu hari Selasa, partai Demokrat sudah memenangkan mayoritas dalam DPR untuk pertama kalinya sejak tahun 1994. Hari Rabu, partai Demokrat sudah memenangkan 50 kursi dalam Senat. Yang menjadi pusat perhatian sekarang adalah negara bagian Virginia, dimana Senator George Allen menghadapi penantang dari partai democrat, Jim Webb. Webb sedang unggul dengan selisih 7 ribu suara dari hampir 2,4 juta jumlah pencoblos. Allen belum mengaku kalah, dan tim kampanyenya mengatakan ia akan menunggu sampai pemeriksaan ulang penghitungan suara diselesaikan oleh para pejabat daerah, kemungkinan hari kamis.

NBC dan Associated Press Selasa malam menyatakan Webb pemenang. Associated Press melaporkan kira-kira 50 persen kertas suara dari pemilu hari Rabu di Virginia sudah diperiksa ulang dan hampir semua kertas suara dari pemilih melalui pos sudah dihitung.

Ke-435 kursi DPR semuanya diperebutkan dalam pemilu hari Selasa. Partai democrat meraih mayoritas dengan menambah kira-kira 30 perolehan kursi. Menurut perkiraan, partai democrat merebut 229 kursi, partai republic 196 kursi.

Angket pendapat umum menunjukkan bahwa ketidak-puasan terhadap Presiden Bush dan caranya menangani perang Irak mendorong banyak pemilih memberi suara mereka kepada partai Demokrat. Di Gedung Putih hari Rabu, Presiden Bush mengatakan ia kecewa atas hasil pemilu itu, tetapi meminta kepada kedua partai politik agar bekerja-sama mengenai masalah yang penting bagi rakyat Amerika. Anggota Kongres Nancy Pelosi, yang hendak menjadi perempuan pertama sebagai ketua DPR, telah berjanji akan bekerjasama dengan golongan Republik dalam Kongres. Pemimpin golongan Demokrat dalam Senat, Harry Reid, mengatakan pesan dari rakyat adalah jelas, dan bahwa rakyat Amerika memilih perubahan.

XS
SM
MD
LG