Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Irak Mulai Longgarkan Aturan Jam Malam di Baghdad


Pihak berwenang Irak mulai melonggarkan jam malam di Baghdad yang diberlakukan untuk mencegah konflik antar sekte setelah mantan Presiden Saddam Hussein dijatuhi hukuman mati.

Pemerintah Irak mengatakan pihaknya telah mencabut larangan orang berjalan kaki, dan merencanakan akan mencabut larangan kendaraan di Baghdad dan dua propinsi tetangga Diyala dan Salahedin Selasa pagi ini.

Mahkamah Tinggi Irak menjatuhkan hukuman mati terhadap Saddam atas dakwaan kejahatan terhadap kemanusiaan hari Minggu kemarin, dan menjatuhkan hukuman gantung atas tindakan membunuh warga shiah di Dujail tahun 1982. Kaum shiah Irak menyambut gembira putusan itu, sedangkan Arab sunni melancarkan demonstrasi pro-Saddam.

Presiden Bush memuji putusan pengadilan itu dengan menyebutnya sebagai tonggak bagi demokrasi dan supremasi hukum di Irak. Di London hari ini, perdana menteri Inggris Tony Blair mengatakan pemerintahnya menolak hukuman mati bagi Saddam atau siapa saja, namun pengadilan itu adalah peringatan bagi rejim Saddam yang brutal.

XS
SM
MD
LG