Tautan-tautan Akses

Demokrat dan Republik Kerahkan Ribuan Pemantau ke Tempat Pemilu Paling Kritis


Partai Republik dan Demokrat di Amerika melancarkan kampanye terakhir untuk memastikan bahwa para pendukung mereka akan mencoblos dalam pemilu hari Selasa ini. Dua partai ini telah mengerahkan ribuan petugas mereka ke negara-negara bagian yang paling kritis dalam menentukan pemilihan anggota Kongres ini.

Hasil jajak pendapat menunjukkan, partai Demokrat yang beroposisi unggul dan mungkin akan meraih suara dukungan yang cukup untuk menguasai 435 kursi di Kongres. Namun jajak pendapat itu juga menunjukkan Partai Republik meraih suara besar dalam dua minggu belakangan. Partai Demokrat membutuhkan hanya enam kursi untuk menguasai mayoritas dari 100 kursi di Senat.

Hasil jajak pendapat juga menunjukkan terjadi pertarungan yang sengit untuk kursi senat di sejumlah negara bagian seperti Virginia, Missouri, Montana dan Rhode Island. Hasil jajak pendapat terbaru menunjukkan juga perang di Irak masih menjadi isu yang dominant bagi pemilih. Demokrat mengatakan, kemenangan partai mereka berarti akan terjadi perubahan strategi di Irak.

Presiden Bush terus berkampanye bagi Partai Republik, dan dijadwalkan singgah di Florida, Arkansas dan Texas hari ini. Hari Minggu kemarin, ia mengatakan kepada para pendukung Republik di Nebraksa bahwa dunia menjadi lebih aman dengan keputusannya menjatuhkan Saddam Hussein.

XS
SM
MD
LG