Tautan-tautan Akses

Dominasi Partai Republik di Kongres AS Dipertaruhkan Dalam Pemilu Pekan Ini


Pada saat tinggal dua hari lagi sebelum pemilihan-tengah–masa-jabatan di Amerika, angket pendapat umum menunjukkan partai oposisi Partai Demokrat mungkin akan menguasai Dewan Perwakilan Rakyat yang beranggotakan 435 anggota, tetapi siapa yang akan menguasai Senat belum jelas.

Presiden Bush berkampanye di negara-negara bagian Nebraska dan Kansas hari ini, bagian dari kampanye ke berbagai bagian Amerika untuk menunjukkan dukungan kepada calon-calon Partai Republik. Beberapa analis meramalkan kekalahan penting bagi Partai Republik yang sekarang berkuasa, terutama karena perasaan tidak puas pemilih yang meluas mengenai perang di Irak.

Angket baru-baru ini menunjukkan perang Irak menjadi keprihatinan paling penting bagi para pemilih, diikuti dengan ekonomi dan lapangan pekerjaan, imigrasi gelap, dan terorisme.

Presiden Bush hari Sabtu mengatakan AS tidak akan melarikan diri dari apa yang ia sebut front sentral dalam perang melawan teror. Ia juga mengatakan partai oposisi Partai Demokrat tidak mempunyai rencana untuk memperbaiki situasi di Irak. Demokrat mengatakan kalau Partai Demokrat menjadi partai mayoritas di Kongres, akan ada perubahan dalam strategi di Irak.

XS
SM
MD
LG