Tautan-tautan Akses

Bush: Hukuman Terhadap Saddam Tonggak Penting Bagi Demokrasi di Irak


Presiden Bush menyambut baik keputusan pengadilan di Irak yang menjatuhkan hukuman mati bagi Saddam Hussein. Presiden Bush menyebutnya sebagai tonggak penting bagi demokrasi di Irak. Presiden Bush, berbicara beberapa jam setelah Saddam dijatuhi hukuman, mengatakan pemeriksaan pengadilan itu pencapaian penting bagi Irak. Ia menambahkan bahwa Saddam akan terus menerima hak hukumnya, hak yang tidak ia berikan kepada rakyat Irak ketika ia berkuasa.

Mentri LN Inggris Margaret Beckett mengatakan adalah berita baik bahwa Saddam dan para tertuduh lainnya akan menghadapi peradilan bagi apa yang ia sebut “kejahatan yang keji.” Tetapi Uni Eropa, yang tidak mempunyai hukuman mati, mengatakan Saddam hendaknya jangan dieksekusi mati. Seorang pejabat senior Vatican juga mengecam hukuman mati yang ia katakan mundur ke jaman balas dendam “nyawa dibalas nyawa.” Pemerintah Iran mengeluarkan pernyataan hari Ahad memuji keputusan bersalah terhadap musuh lamanya Saddam Hussein.

Sebelumnya diberitakan, pengadilan Irak menjatuhkan hukuman mati terhadap pemimpin Irak yang disingkirkan, Saddam Hussein. Hukuman mati dengan digantung itu adalah untuk kejahatan terhadap kemanusiaan yang menurut pengadilan dilakukan oleh mantan pemimpin Irak itu. Keputusan itu disambut dengan sorak-sorai di daerah shiah di negara itu. Mahkamah Tinggi Irak menjatuhkan hukuman terhadap Saddam hari ini, karena memerintahkan pembunuhan 148 warga Shiah 24 tahun yang lalu setelah usaha pembunuhan yang gagal dekat desa Dujail.

Ketika hukuman terhadap dirinya dibacakan, Saddam yang terlihat bergetar tubuhnya meneriakkan “Hidup Irak” dan “Allohu Akbar.” Para pengacara Saddam akan naik banding terhadap keputusan itu. Di perkampungan Kota Sadr di Baghdad, bagian kota yang mempunyai penduduk Shiah terbesar, orang-orang turun ke jalan-jalan merayakan hukuman mati itu.

Dalam pidato lewat televisi, PM Irak Nouri al-Maliki mengatakan eksekusi yang nanti akan dilakukan terhadap Saddam mungkin akan memberikan kelegaan bagi keluarga ribuan orang yang terbunuh semasa rezim Saddam berkuasa.

XS
SM
MD
LG