Tautan-tautan Akses

Peradilan Tinggi Irak Menjatuhkan Hukuman Gantung Bagi Saddam Hussein


Sebuah peradilan Irak menjatuhkan hukuman mati kepada mantan pemimpin Irak Saddam Hussein dengan hukuman gantung karena kejahatan terhadap kemanusiaan. Peradilan Tinggi Irak menjatuhkan vonis terhadap Saddam Hussein karena memerintahkan membunuh kaum Syi’ah Irak di desa Dujail pada tahun 1982.

Para wartawan yang mengamati proses peradilan tsb mengutarakan Saddam Hussein tampak gemetar setelah mendengar vonis tsb. Dia kemudian meneriakkan "Allahu Akbar" dan "Hidup Irak" sewaktu hakim menjatuhkan hukuman mati itu. Peradilan juga menjatuhkan hukuman kepada 7 mantan pembantu Saddam Hussein berkaitan dengan pembunuhan di Dujail tsb.

Dua terdakwa lainnya bersama Saddam Hussein juga dijatuhi hukuman mati, termasuk saudara tirinya Barzan Ibrahim al-Tikriti dan mantan hakim ketua Peradilan Revolusi Saddam Awad Hamed al-Bander. Permohonan naik banding otomatis akan diajukan terhadap semua vonis hukuman mati itu.

Mantan Wakil Presiden Irak Taha Yassin Ramadan dijatuhi hukuman seumur hidup, dan ke-3 bekas pejabat partai Ba'ath dikenakan hukuman 15 penjara. Seorang terdakwa bernama Mohammed Azawi.Ali juga anggota partai Ba'ath dibebaskan karena tidak cukup bukti.

XS
SM
MD
LG